RSS

Harga alat-alat Pancing

  1. Reel / Gulungan Pancing
    Untuk Reel atau gulunganpancing ada yang mulai dari harga Rp. 60 ribuan bermerek Exori hingga Shimano Stella Berharga Rp. 10 juta atau bahkan Van Staal yang dihargai Rp. 11 Juta rupiah di Indonesia.
    Tentunya “ada rupa ada harga” sehingga reel harga 1 juta tidak bisa disamakan dengan reel seharga 4 juta rupiah.

  • ·Joran / Fishing Rod
    Seperti Reel, joran juga memiliki varian yang luar biasa banyak, dari panjang, kekuatan, peruntukkan dan mereknya sendiri.
    Kita mulai dari entry level ada merek seperti exori, sabpolo, golden fish dll. Harga bisa didapat mulai dari Rp. 60 ribuan juga.
    Untuk kelas tingginya ada merek seperti Jigging Master, Van Staal dan berbagai merek lainnya yang berharga di atas Rp. 3 juta rupiah.

  • ·Benang / Fishing Line
    Nah, namanya benang juga sangat banyak tipenya. Tapi secara garis besar yang umum dipakai ada beberapa yaitu :
  1. Nylon Monofilament
    ini benang paling universal dan paling banyak digunakan para pemancing karena lembut, ada pilihan warna (clear, merah, hijau dll) serta murah. Ukurannya banyak, mulai dari ukuran 4 lbs hingga 200 lbs banyak tersedia. Bahkan untuk kategori industri penangkapan ikan (nelayan-red)mungkin tersedia hingga ukuran 400 lbs atau bahkan 500 lbs untuk model memancing long line.
    Di balik keunggulannya, senar monofilament memiliki beberapa kelemahan a.l . strecth yang besar sehingga kurang sensitif untuk memancing di kedalaman 30 meter lebih dan untuk dilempar lebih berat dan juga paparan matahari secara perlahan akan membuat senar ini getas.
    Pilihan harganya sangat bervariasi, ada yang mulai dari Rp. 20 ribuan untuk 300 meter hingga Rp. 100 ribuan per 100 meter.
  2. Braided Line / Multifilament line / PE
    Benang Braid umumnya dibuat dengan menjalin beberapa serat kain khusus ukuran micron sehingga menjadi kuat namun fleksibel.
    Untuk seri atas, ada yang menggunakan serat Kevlar yang juga digunakan untuk membuat rompi anti peluru.
    Keunggulan benang ini adalah near zero strechnya dan memilki diameter yang lebih kecil sehingga lebih mudah memotong air, tidak terlalu melengkung terkena arus dan kekuatannya sangat bagus.
    Benang ini dijual dalam spool (gulungan) per 100 meter tersambung hingga 1 km / 1,5 km atau 300 meter dan ada juga yang dijual dalam bentuk gulungan besar 500 meter atau lebih.
    Harga Alat-alat pancing tersebut juga banyak pilihan. Sepengetahuan saya da yang dijual mulai dari harga Rp. 70 ribuan per 100 meter (kasar dan mudah getas) hingga seharga 400 ribuan per 100 meter. Sekali lagi disini harga berbicara. Yang Mahal cenderung diameternya super kecil dengan kekuatan besar dan berlaku sebaliknya untuk yang murah.
    Selain faktor kekuatan dan diameter, kehalusan benang jumlah jalinan juga mempengaruhi harga.
    Bahannya bervariasi mulai dari spectra, dacron dan kevlar yang digunakan untuk membuat jalinan multifilament.


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: